Minggu, 28 Maret 2010

Cinta? Benda apa itu?

Hihihi... masih teringat ucapan pat kai, si babi dalam cerita sun go kong :
"Sejak dahulu memang begitulah cinta... Deritanya tiada akhir."
Hmm... cinta itu deritanya tiada akhir? bukankah cinta itu seharusnya membahagiakan?

Pertanyaannya sekarang, Apa sih Cinta itu?
Pernah saya mencoba untuk merumuskan definisi dari cinta itu. Pertama saya rasakan dulu cinta itu seperti apa (mode imajinasi on) lalu saya coba rumuskan gambaran yang saya dapat lewat kata-kata... GAGAL!!!! SUSAH!!! Beberapa bagian memang terumuskan, tapi entah mengapa imajinasi ini terus memunculkan gambaran-gambaran cinta yang tidak ada habisnya, dimana logika dan kata-kata yang saya buat tidak mampu mengejarnya >_<.

Karena bingung yang melanda, akhirnya saya tanyakanlah pertanyaan ini di Yahoo! Answers room Jajak Pendapat dan Survei (klik di sini) . Pikir-pikir lagi, akhirnya saya tanyakan lagi juga di Yahoo! Answers room Filosofi (klik di sini) biar mantab.
Ada cukup banyak definisi cinta yang saya dapat... tapi manakah yang benar-benar tepat dan menjelaskan secara menyeluruh definisi dari Cinta itu? Semua jawaban bagi saya telah menggambarkan apa itu cinta. Tapi, entah mengapa rasanya hanya tergambar sebagian-sebagian saja... Bahkan ketika semua jawaban itu digabung! Sisanya sudah jauh berlari ber mil-mil dalam imajinasi saya. Atau sederhananya, saya merasa pendefinisian yang mereka ataupun saya buat tidaklah mampu mencakup seluruh pengertian saya tentang apa itu Cinta. Apalagi mungkin pengertian Cinta yang sebenarnya?

Yah… saya jadi ingat sebuah kalimat yang pernah diucapkan oleh seorang Albert Einstein klo ga salah kayak gini “Tidak ada seorangpun yang benar-benar memahami suatu rumus. Ia hanya akan terbiasa dengannya”.

Dulu saya tidak begitu paham dengan kalimat ini. Tapi sekarang,-setelah menemukan betapa saya tidak mampu untuk benar-benar merumuskan dan memahami sebuah definisi dari kata Cinta yang sebenarnya- saya akhirnya bisa mengerti… Mengerti apa maksud Einstein ketika mengucapkan kalimat itu. Bahkan Einstein sang jenius pun mengakui bahwa ia tidaklah benar-benar paham dengan rumus-rumus yang seharusnya sudah menjadi makanannya sehari-hari (termasuk rumusan E=mc2 yang ia buat sendiri mungkin?). Bagaimana dengan saya yang sedang mencoba merumuskan definisi cinta yang sebenarnya?

Jadi kesimpulannya? Akan susah bagi saya untuk benar-benar mengerti, memahami dan merumuskannya dalam kata-kata tentang apa itu Cinta… Setidaknya, karena cinta sudah merupakan bagian dari hidup, Ya… Biasakanlah hidup bersamanya. Toh cinta itu menurut saya cukup membahagiakan koq. Asal disikapi dengan baik dan bijaksana…

SAYA MENYERAH...

Tapi perlu diingat juga, bukan maksud saya untuk lalu mengabaikan “pendefinisian” itu lho. Sebuah “pendefinisian” itu penting untuk memahami sesuatu. Yah walaupun tidak benar-benar memahami, setidaknya dengan mengetahui definisinya berarti kita sudah berada cukup dekat dengan kebenaran (kalimat ini, saya lupa siapa yang pernah mengatakannya pada saya). Dan lagi Tuhan kan meyuruh kita berjalan di jalan kebenaran bukan? Walau seperti orang mabuk yang tidak bisa berjalan lurus dan mudah terjatuh, setidaknya kita sudah berusaha. Saya yakin Tuhan pasti akan memaafkan kesalahan hambanya dalam usahanya meniti jalan Nya (kalimat favorit saya ini ^_^). Sehingga...

SAYA MENYERAH UNTUK SEMENTARA INI... TAPI INGAT!!! SAYA AKAN KEMBALI SUATU SAAT NANTI UNTUK MENCOBA MERUMUSKANNYA KEMBALI!!!

5 komentar:

mahesapandu mengatakan...

Cinta kata orang:

seorang anak kecil yang sedang bermain, polos dan riang, yang membentuk ego individualitas kita dan kemudian berbisik pelan namun sungguh: "Lepaskan"

Salam kenal

Puri mengatakan...

Lepaskan? apanya yang dilepaskan yah kira-kira?

Hehehe... salam kenal juga ^_^

ahmedfikreatif mengatakan...

CINTA ada yg bilang kependekan dr Cerita Indah Namun Tiada Akhir !

Cerita Insan Nan Tertembak Asmara
hahahaha

km jatuh cinta Pur???
smpai tanya2 di Yahoo Answer sgala.
hmmm,,,, hoby sekali kmu disana smpi dpt peringkat 3

Puri mengatakan...

@ahmedfikreatif :

Jatuh Cinta? enggak kk! kata ibu juga "anak kecil belum boleh cinta-cintaan" Xixixixi...

Yah, soalnya di Yahoo Answers itu menurut saya sangat menyenangkan... banyak kk dan cc yang pintar dan inspiratif. Jadi banyak belajar saya...

ahmedfikreatif mengatakan...

oww begitu.........

Posting Komentar

 

Blog Template oleh YummyLolly.com - Header dibuat dengan PS brushes oleh gvalkyrie.deviantart.com
Disponsori oleh Free Web Space